BOSEN DI RUMAH AJA? Djohan Lim*)

0
349

Selama pandemi Covid-19, semua dipaksa untuk tinggal di rumah saja. #stay at home. Mulai dari anak kecil prasekolah, anak-anak usia sekolah, remaja, pemuda, mahasiswa, pekerja hingga orang tua dan kakek nenek, semua wajib bekerja di rumah. Beribadah di rumah. Dan seperti yang kamu alami, bersekolah dari rumah saja.

Pertama kali diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), mungkin sebagian anak sekolah menyambutnya dengan riang. Mereka menikmati libur panjang dan belajar cara baru yang menyenangkan. Tetapi setelah berjalan hampir tiga bulan, mulailah ada rasa bosen di dalam rumah saja.

Apakah kamu juga menjadi bosen di rumah saja?

Yuk, daripada bosen, kamu bisa siasati dengan berbagai kegiatan yang membuat hari-hari di rumah menjadi produktif.

Belajar sesuatu yang seru.

Kamu bisa mulai melawan bosen dengan belajar sesuatu yang baru. Belajar yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Bangkitkan keinginan belajar dan temukan hal baru yang belum kamu kuasai. Belajar yang sederhana, tidak harus yang rumit-rumit.

Misalnya, belajar memasak menu-menu baru yang ada di YouTube. Belajar main gitar. Atau belajar menulis cerpen. Bisa juga belajar melukis. Belajar membuat content sekaligus belajar edit video secara sederhana untuk upload ke YouTube atau IG.

Saat ini di internet banyak sekali tutorial dan materi untuk mempelajari sesuatu. Mulai dari berkebun, memasak, merakit barang, edit video hingga belajar bagaimana bisa live streaming di medsos.

Salah satu yang mudah adalah membuat content video dan upload ke YouTube. Content bisa berupa hobi kamu, review buku, review makanan, atau tutorial dari kemampuan yang kamu kuasai. Rekam dengan kamera di HP saja. Cukup 2 – 5 menit. Edit dengan software yang tersedia secara gratis. Lalu upload deh! Gampang, kan?

Ini kesempatan untuk menambah kapasitas kemampuan kamu di saat pandemi Covid-19. Banyak waktu di rumah yang bisa kamu gunakan!

Melakukan aktivitas yang tertunda

Atau kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas tertunda yang dulu tidak sempat dilakukan karena keterbatasan waktu. Sekarang kamu bisa melakukannya. Misalnya, proyek membersihkan sekaligus menata ulang kamar tidur. Membersihkan dapur. Membereskan buku-buku yang tersebar dan tidak tersusun rapi. Menyortir pakaian kamu yang sudah menumpuk di lemari, mana yang bisa disumbangkan ke panti sosial?

Apapun rencana yang dulu tertunda, bisa mulai kamu lakukan saat ini. Tidak ada lagi alasan “tidak ada waktu”.

Membaca buku

Ini salah satu hal yang mudah dan sangat bermanfaat untuk kamu lakukan di masa pandemi Covid-19. Membaca buku.

Coba mulai membaca buku yang bermanfaat. Misalnya buku pengetahuan, buku pengembangan kepribadian, buku rohani hingga novel. Mungkin kamu pernah membeli buku dan belum sempat selesai dibaca. Sekarang waktunya!

Dengan banyak membaca, wawasan dan pengetahuan kamu akan bertambah. Cukup pagi baca buku pengembangan pribadi, misalnya dalam beberapa menit (30-60 menit). Siang membaca buku resep sambil mempraktikkan memasak menu baru. Nanti ketika malam, bisa membaca buku yang lebih ringan, misalnya novel.

Tidak harus menghabiskan satu buku sekaligus, tetapi cukup membaca beberapa halaman atau satu bab saja.

Supaya gampang, letakan buku-buku tersebut di tempat yang mudah kamu raih sehingga tidak harus mencari-cari lagi.

 

Belajar jualan online

Kegiatan yang ini menarik. Yuk belajar jualan online.  Kamu bisa buat apa untuk dijual? Roti? Masakan? Lukisan? Atau pekerjaan tangan?

Buatlah, lalu difoto dan sebarkan di IG maupun di FB. Minta teman-teman kamu untuk mencoba dan memberi review supaya semakin banyak yang membeli.

Takut gagal? Tidak usa takut! Ini kan namanya untuk menggunakan waktu di rumah. Tidak harus dikejar target.

Sekali lagi, mulai saja! Misalnya membuat roti atau kue kering. Bahkan ada yang baru mulai mencoba-coba saja. Tidak apa-apa. Yang penting mulai dilakukan!

Foto dan postinglah di IG dan FB. Colek teman-teman dekat untuk membeli.

Banyak lho teman-teman muda yang saat ini menjual pudding, roti hingga makanan kekinian. Bukan melulu soal berapa yang laku dijual, tetapi lebih penting bahwa kamu menggunakan waktu dengan baik. Tidak harus menunggu semua serba sempurna untuk memulai.

Kamu bisa memulai dari apa yang ada di tangan kamu saat ini.

 

Olahraga

Ini yang agak sulit untuk dilakukan secara teratur. Olahraga. Kamu bisa mulai menggunakan waktu untuk berolahraga. Sekali lagi di YouTube banyak tutorial bagaimana workout ringan yang sehat dan mudah dilakukan. Coba mulai lakukan 5 menit setiap pagi atau sore. Nanti lanjut ke 10 menit hingga 30 menit.

Atau yang sekarang sedang hype, adalah gowes. Kamu bisa gowes bareng teman, tetapi kudu tetap menjaga kesehatan sesuai protocol kesehatan Covid-19.

Belajar membangun kebiasaan yang baik

Hal lainnya, ketika stay at home, kamu bisa belajar membangun kebiasaan yang baik. Tidak usah muluk-muluk membuat gol yang hebat-hebat. Nanti malah kamu tidak berani memulainya karena terlalu besar target yang ditentukan. Kamu bisa mulai dengan kebiasaan untuk hal-hal kecil saja, misalnya mulai hidup sehat dengan bangun dan olahraga. Minum air putih yang banyak. Jangan menghabiskan waktu di depan komputer untuk main game atau nonton YouTube yang tidak bermanfaat.

Lanjut dengan kebiasaan lebih banyak makan makanan sehat (sayur dan buah). Membaca buku sebelum tidur (misalnya baca satu atau dua lembar halaman saja).

Jika selama pandemi Covid-19 ini kamu bisa berbuat 1 persen saja untuk menambah kapasitas dan kemampuan dengan kebiasaan baru yang baik, maka ketika di tahun 2021, kamu akan menjadi pribadi yang berkembang!

Jadi, kenapa harus bosen di rumah?

*)Penulis adalah pemerhati kaum muda, anggota GBI Kalvari Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here