Suluh Bagi Jiwa “MENCATAT BERKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19” Grace Amin*)

0
24

“Angka penyebaran virus Covid-19 di seluruh dunia meningkat tajam”.

“Jumlah pasien yang meninggal akibat terinfeksi virus ini terus bertambah hari demi hari”.

Pada bulan Desember 2019 sejumlah peneliti mengidentifikasi virus Covid-19 di wilayah Wuhan, China. Sejak saat itu tercatat 309.184 kasus kematian akibat virus ini terjadi secara global (catatan Johns Hopkins University Medicine 17 Mei 2020, red).

Walau telah dilakukan banyak langkah antisipasi dan penyembuhan pasien positive Covid 19, secara tidak sadar muncul dampak psikologis yang juga perlu ditanggulangi. Membanjirnya pemberitaan mengenai hal ini baik melalui media sosial, televisi, koran, YouTube ataupun sumber informasi lain menimbulkan kepanikan dan stres masyarakat.

Akibatnya, muncul panic buying, sulit tidur, psikosomatik, dan perilaku kecemasan lainnya. Bila tidak ditangani dengan tepat, semua ini dapat menyebabkan gangguan yang lebih buruk.

Lantas apa yang dapat kita lakukan?

Ada yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres dalam situasi ini:

Mengatur serta membatasi  waktu untuk mencari tahu informasi terkait Covid-19

voi.id

Paparan berita mengenai fenomena ini secara tidak sadar akan mempengaruhi pikiran dan perasaan kita. Berita – berita tentang angka kematian yang meningkat, atau sebaran masyarakat yang terinfeksi membuat kita berpikir negatif. Informasi tersebut akan mempengaruhi perasaan dan kemudian cara kita menanggapi keadaan.

Sebaiknya, Anda mengatur serta membatasi waktu untuk membaca atau menonton berita mengenai fenomena ini, misalnya hanya dua jam dalam sehari. Kemudian gunakanlah sisa waktu lainnya untuk melakukan kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat. Dengan begitu, pikiran kita akan dipenuhi hal positif serta akan memunculkan perasaan dan perilaku positif.

Melakukan olahraga rutin di rumah bersama keluarga

www.alodokter.com

Selama masa work from home, kita dapat mengisi waktu dengan berolahraga bersama keluarga. Hal ini juga sejalan dengan anjuran kesehatan agar kita dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ada makna positif dari setiap peristiwa. Salah satunya dengan adanya anjuran melakukan kegiatan di rumah saja, kita dapat melakukan kegiatan yang sebelumnya jarang dilakukan. Manfaatkanlah waktu 15 – 30 menit untuk berolahraga seraya berjemur bersama keluarga. Maka, kesehatan fisik, psikis serta keakraban antaranggota keluarga akan meningkat.

Membuat jurnal kebahagiaan

Ketika seseorang hanya berfokus pada masalah, ia akan merasa seperti seorang korban yang sangat menderita di dunia. Ia akan sulit melihat berkat yang diberikan Tuhan setiap harinya.

Melalui jurnal kebahagiaan harian, Anda dapat mencoba membuat daftar berkat yang Tuhan berikan setiap hari. Ketika Anda baru mencoba menulis jurnal di tengah situasi ini, mungkin sulit menemukan apa berkat yang Anda terima. Namun cobalah untuk mulai bersyukur karena Anda masih dapat hidup, bernapas tanpa alat bantu hari ini.

Sebenarnya ada banyak berkat yang Tuhan berikan setiap harinya. Namun karena kita seringkali hanya berfokus pada rintangan atau masalah, kita lupa akan berkat – berkat Tuhan.

Berbagi dengan orang lain

Banyak yang berpikir bahwa ia baru dapat berbagi ketika telah menjadi kaya, karena ukuran pemberian hanya berupa uang. Padahal ada banyak cara untuk berbagi dan membantu orang lain. Kita bisa berbagi dan mendukung orang lain dengan kata – kata yang membangun, pengalaman yang menguatkan, kesediaan untuk menjadi pendengar yang baik bagi orang yang sedang bermasalah dan cara lain.

Hidup di era teknologi membuat kita bisa berhubungan dengan banyak orang walau dalam jarak yang jauh. Anda bisa menggunakan teknologi atau media sosial untuk berbagi dan menolong orang lain. Misalnya, daripada membagikan berita hoax (berita bohong)  atau lelucon yang tidak membangun, ada baiknya Anda membagikan ayat Alkitab yang memberkati Anda dalam status WhatsApp atau media sosial.

Saat Anda berbagi dengan orang lain, akan ada kebahagiaan yang Anda rasakan. Hal itu akan membuat hidup terasa lebih baik.

Mencoba melakukan hal baru

Bosan karena harus work from home? Ketika kita hanya mengeluh, hidup akan lebih terasa membosankan. Anda bisa mulai mencari kegiatan baru untuk mengisi waktu. Anda mungkin bisa mencoba resep masakan yang baru, mencoba berlatih musik atau bernyanyi, membuat kreasi permainan baru bersama anggota keluarga dan hal-hal baru lainnya. Manfaatkan kreativitas Anda untuk menghilangkan pikiran negatif.

Anda juga bisa melakukan hal yang mungkin selama ini tidak sempat Anda lakukan karena kesibukan di luar rumah. Misalnya, membaca buku bersama keluarga, meninggalkan gadget selama beberapa waktu dan menikmati waktu bermakna (quality time) bersama keluarga, mendengarkan cerita anggota keluarga dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan perasaan positif.

Saat ini memang kita belum mengetahui kapan fenomena Covid-19 ini akan berakhir. Namun mari kita tetap menjaga kesehatan fisik dan mental.

Stay Safe…God bless us.

Penulis: Grace Amin (dosen President University, Bekasi)

Editor: Prisetyadi Teguh Wibowo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here