Solusi Hadapi Perubahan Iklim melalui Fotografi

0
83

Prancis akan menjadi tuan rumah Conference of the Parties to the United Nations Framework Convention on Climate Change (COP 21) pada Desember 2015. Untuk itu, Agence Française de Développement (AFD) bekerjasama dengan organisasi lingkungan GoodPlanet Foundation menggunakan gambar-gambar untuk mempermudah mengedukasi masyarakat.

Sehubungan hal tersebut, Pemimpin GoodPlanet Foundation Yann Arthus-Bertrand mengadakan Pameran Fotografi bertajuk “60 Solusi Menghadapi Perubahan Iklim” pada 4-25 September 2015, bekerjasama dengan Institut Français Indonesia (IFI) Surabaya. Bertempat di Galeri House of Sampoerna, Surabaya, Yann menampilkan 21 karyanya, lengkap dengan informasi mengenai berbagai solusi menghadapi perubahan iklim dari sejumlah wilayah di dunia, baik dalam teks berbahasa Inggris maupun Indonesia.

Berdasarkan rilis yang diterima Suara Baptis, salah satu seri foto Yann yang terkenal adalah “Earth from Above”. Karya ini menyajikan inisiatif konkret dalam empat sektor, yaitu kota, pertanian, energi transisi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Sementara 15 foto lainnya mendapat dukungan dari AFD sebab menggambarkan berbagai metode pembiayaan di negara-negara operasional AFD beroperasional.

Pameran ini menunjukkan bahwa inisiatif Yann Arthus-Bertrand ini yang tidak terisolasi, bisa ditiru, dan akan membantu menyebarkan keyakinan AFD untuk menghadapi tantangan global perubahan iklim.

AFD juga berencana memamerkan karya Yann di berbagai negara. Sejauh ini, pameran ini telah ditampilkan di 30-an negara, antara lain Prancis, China, Mesir, Afrika Selatan, India, Thailand.

Pameran Fotografi bertajuk “60 Solusi Menghadapi Perubahan Iklim” tersebut merupakan rangkaian acara “Fête de la Science” atau “Pesta Sains”edisi ke-2 di Indonesia. Mengangkat tema Perubahan Iklim, Surabaya menjadi kota pertama penyelenggaraan festival sains nasional ini. Dilanjutkan dengan 9 kota lainnya, yakni Bandung, Jakarta, Jombang, Jogjakarta, Makassar, Malang, Medan, Surabaya, dan Bali.

Penulis : Luana Yunaneva

Foto : IFI Surabaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here