RUBRIK MUDA by: Djohan Lim & Ashrin Jayanti

    0
    178

    Ketika kamu bangun pagi dan mulai beraktifitas, pasti banyak tantangan yang menanti di depan. Mulai dari hal-hal keci yang membuat bete dan kepala pusing tujuh keliling seperti lupa meletakan kunci, ocehan teman di group WA yang nyeleneh, tugas sekolah yang blom kelar, belum lagi tugas ortu yang masih tertunda dan belum sempat dikerjakan.

    Lalu ada tantangan yang lebih menguras tenaga dan pemikiran : pertemanan yang rumit, ujian-ujian di sekolah, bentrok dengan pacar atau yang sedang menunggu panggilan kerja, hingga yang masih jomblo tanpa ada pilihan .

    Belum lagi tantangan yang super berat, seperti kesehatan yang terganggu, keterbatasan fisik, kesendirian dan kesepian, kegagalan hingga depresi karena kehilangan orang yang dikasihi.

    Tantangan-tangan ini harus kamu hadapi. Mulai dari yang super ringan sampai yang bikin kepala mau pecah. Kamu tidak bisa melarikan diri untuk menghindari atau bersembunyi dari kenyataan. Ketika terbiasa melarikan diri dari tantangan, maka kamu tidak akan pernah belajar untuk menjadi dewasa.

    www.career_shutterstock

    Ingat, tantangan akan membuat kamu tumbuh menjadi dewasa!

    Berikut ada empat tips sederhana untuk menghadapi tantangan yang hadir setiap hari.

    1. Tanggung Jawab Tanda Dewasa

    Anggaplah setiap tantangan sebagai sebuah tanggung jawab. Sebuah tanggung jawab yang harus diselesaikan sebagai tanda menuju kedewasaan. Ingat, semakin dewasa, semakin besar tanggung jawab. Dengan menganggap sebuah tantangan adalah tanggung jawab, kamu akan terpacu untuk menyelesaikan dengan baik setiap tantangan tersebut. Sebagai orang dewasa, setiap tanggung jawab harus dikerjakan dengan semaksimal mungkin.

    Anggaplah bahwa kamu adalah satu-satunya tuntutan dari setiap tantangan dengan usaha orang yang mendapat tanggung jawab itu karena kamu istimewa! Kamu diberi tanggung jawab karena dianggap mampu dan bisa menyelesaikan tantangan!

    1. Tuntutan Untuk Naik Kelas

    Perlakukan setiap tantangan sebagai sebuah tuntutan – anak tangga – untuk naik kelas dalam sekolah kehidupan ini. Sebagai sebuah tuntutan, kamu tidak bisa lari, melainkan harus dilewati, dikerjakan dan dituntut untuk diselesaikan. Bayangkan ketika kamu ingin naik ke suatu lantai yang lebih tinggi, maka setiap anak tangga harus diinjak dan dilewati hingga mencapai lantai yang lebih tinggi. Atau ketika kamu ingin melihat sunrise di atas gunung, maka tidak ada jalan lain selain mendaki di tengah kegelapan malam, hingga kamu bisa melihat pemandangan munculnya matahari pagi dari ketinggian.

    Ketika tantangan membuat kamu merasa cape, benar-benar berat, ketakutan, kesendirian, percayalah bahwa semua itu bisa kamu lewati karena setiap tantangan pasti ada jalan keluar. Pacu dirimu, jangan menyerah! Selesaikan tuntutan dari setiap tantangan dengan usaha yang terbaik!

    www.langkahawal.com
    1. Mental Positif Sebagai

    Untuk menghadapi tantangan, kamu wajib memiliki mental yang positif! Dengan mental positif, maka kamu akan semakin terpacu untuk menghadapi tantangan sebagai seorang pemenang! Rasa takut boleh ada, rasa kuatir boleh ada, rasa gentar boleh ada, rasa tawar hati boleh ada. Tetapi dengan mental positif seorang pemenang, maka kamu akan memandang suatu tantangan sebagai hal yang bisa dan harus diselesaikan.

    Untuk terus menjaga api semangat mental positif, kamu bisa ikut dengan komunitas yang positif. Dengan memiliki komunitas yang positif maka kamu akan semakin didorong untuk berani menghadapi tantangan hingga tuntas. Lingkungan yang sehat, dengan mental yang positif, akan membantu kamu untuk melihat tantangan sebagai suatu hal yang bisa diselesaikan!

    Mental positif seorang pemenang tidak akan membuat kamu menjadi pecundang dan lari dari masalah demi masalah! Mental positif seorang pemenang akan membuat suatu masalah menjadi tantangan untuk naik ke level yang lebih tinggi!

    1. Doa dan Berserah

    Terakhir, ketika tantangan terasa berat, kamu bisa berdoa dan meminta kepada Tuhan. Percaya dan berserah kepada Tuhan akan membawa kelegaan di hati yang galau. Yakinlah bahwa Tuhan sanggup dan bersedia menolong kamu! Jangan putus asa dan menyerah dengan keadaan!

    Tuhan bisa saja memakai bantuan dari teman-teman dekat yang ada di komunitas positif, atau coba sharing tantangan yang dihadapi dengan Pembina rohani.

    Ketika semua terlihat tidak ada jalan dan tertutup, maka masih ada Tuhan yang sanggup menolong kamu!

    So, friend, ketika ada tantangan, jangan lari, tetapi hadapi dan percayalah kamu akan menjadi pemenang!

    When you face difficult times, know that challenges are not sent to destroy you. They’re sent to promote, increase and strengthen you.

    Anonymous (Inspiring Quotes)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here