Renungan Harian, Kamis 07 Februari 2019,Ulangan 5:24-33 “KESALAHAN YANG KECIL”

0
118
https://foto.tempo.co

Suatu hari Minggu pagi, seorang anak indria telah berpakaian rapi dan bersih, siap berangkat ke gereja bersama orang tuanya. Ibunya yang sedang menyiapkan beberapa hal lagi memperingatkan anaknya supaya jangan keluar rumah karena habis hujan. Tanah menjadi basah dan di sana sini ada genangan air.

“Saya tidak pergi ke tempat yang ada genangan airnya bu.” Kata anak itu. “saya hanya ingin melihat-lihat di luar”.

Akhirnya ibunya memberi izin. Anak itu keluar rumah dan berdiri agak jauh dari genangan air. Ia melihat genangan air itu tidak terlalu besar. Pasti aku dapat melompatinya dengan mudah, pikirnya. Memang tadi ia telah berjanji tidak akan bermain di genangan air, tetapi tentang melompati genangan air, ia tidak pernah membicarakan dengan ibunya.

Ia kemudian berjalan mendekati genangan air itu dan berusaha melompati. Tetapi sayang, lompatannya kurang jauh. Ia terpelesat dan jatuh kedalam genangan air yang kotor. Pakaiannya penuh dengan lumpur dan seluruh tubuhnya kotor. Ketika ibunya memarahi, anak itu berkata, “ibu, saya tidak sengaja masuk ke genangan air. Saya coba melompati, tapi terpeleset. Dan, … hanya itu.” Anak itu tidak tahu bahwa kesalahan kecilpun, sama saja dengan kesalahan besar.

Seringkali kita mendengar suatu kecelakaan yang fatal akibat hal-hal yang sangat kecil saja, seperti kebakaran hutan diakibatkan orang yang membuang puntung rokok yang belum padam.

Semua pelanggaran atau dosa sama di hadapan Tuhan. Bila kita berbuat kesalahan kecil saja, kita dapat jatuh ke dalam keadaan yang akan mengotori seluruh hidup kita.

“Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdoa?”   ( 1 Petrus 4:18)

Jendela Pagi, Lembaga Literatur Baptis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here