Renungan Harian, Jumat 3 Mei 2019; Yohanes 21:6-11 “PENJALA MANUSIA”

0
87

https://wisesecret.blogspot.com

Adi dan ayahnya sedang bersiap-siap hendak menangkap ikan. Segala perlengkapan yang di perlukan tengah mereka bereskan. Keduanya saling mengingatkan, agar tidak ada yang tertingal. Akan menyulitkan, jika sudah berada di lautan, ternyata ada yang tertinggal. Akhirnya Adi mengingatkan Ayahnya agar tidak lupa membawa bekal.

Sebagai jawaban, ayahnya berkata, “Ya, rasanya aku sudah mempersiapkan dan melengkapi semua yang diperlukan. Tapi coba kamu periksa lagi, kalau-kalau ada yang tertinggal.”

Kadang-kadang orang Kristen ingin menjadi “Pemenang jiwa”, tetapi tidak mau mempersiapkan diri untuk itu. Jika kita berharap akan mendapat ikan, kita tidak akan tinggal di rumah saja, lalu merenungkan mengapa tidak mendapat ikan. Tidak! jika kita ingin mendapat ikan, harus bersiap-siap seperti Adi dan Ayahnya. Kita harus memeriksa apakah semua peralatan yang diperlukan sudah dilengkapi atau belum.

Demikian juga jika kita berharap untuk menjadi pemenang jiwa, kita tidak dapat tinggal di rumah saja, dan tidak mau berbicara kepada orang-orang yang kita kenal. Tidak mungkin memenangkan orang lain bagi Kristus jika tidak mendoakan mereka, dan tidak membaca Alkitab secara teratur untuk mendapatkan petunjuk-petunjuk. Apabila kita tidak melakukan semua itu, berarti kita tidak siap menjadi pemenang jiwa.

Tuhan memang memanggil murid-murid-Nya untuk menjadi “penjala manusia”. Tetapi mula-mula ia melatih mereka untuk itu. Waktu Tuhan Yesus kembali ke surga, mereka sudah siap melanjutkan pekerjaannya.

“Simon menjawab: “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.” (Lukas 5:5)

Jendela Pagi, Lembaga Literatur Baptis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here