Renungan Harian, Jumat 22 Februari 2019, Matius 18:1-10 “MULAILAH SELAGI MUDA”

0
117
https://www.sirclo.com

Ada seorang yang mengunjungi peternakan sahabatnya. Dia kagum sekali melihat begitu banyaknya sapi milik sahabatnya itu. Dia lalu melihat sekeliling peternakan dan melihat banyak hal yang indah dan menarik. Tiba-tiba dia melihat seekor sapi yang besar. Dia berkata kepada sahabatnya, bahwa dia sudah sering kali melihat sapi jantan tetapi belum pernah melihat sapi pejantan yang sebagus milik temannya itu.

“Bung”, kata pengunjung itu. “Bagaimana cara bung mengembangkan sapi-sapi itu sehingga menjadi istimewa seperti ini?”

Peternak itu menjawab dengan sederhana “saya menjaga dan memelihara anak-anak sapi itu dengan hati-hati” itulah rahasianya.

Ada orang yang beranggapan, bahwa kita tidak perlu mendorong anak-anak untuk mengambil keputusan percaya kepada Kristus. Mereka berkata biarkan saja mereka bertumbuh dan menentukan sendiri apa yang mereka sukai. Tetapi hal seperti itu sangat berbahaya. Hal seperti itu bagaikan seorang yang menanam sebatang pohon lalu membiarkan pohon itu tumbuh tidak teratur dan berkata “nanti diatur sesudah pohon itu tumbuh besar”.

Kalau pohon telah tumbuh menjadi besar, kuat dan akar-akarnya telah jauh masuk ke dalam tanah, sudah sukar diatur. Iklim dan keadaan lingkungan telah mempengaruhi dan membentuk pohon itu. Si penanam tidak dapat meluruskan atau mengubah bentuknya lagi. Sudah terlambat masa pembentukan telah berlalu.

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang daripada jalan itu”. (Amsal 22:6)

Jendela Pagi, Lembaga Literatur Baptis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here