Renungan Harian, Jumat 12 April 2018; Efesus 5:1-10 “YESUS MEMBERIKAN DIRI-NYA”

0
76
https://www.jia-xiang.biz

Kita semua mengenal PANTOMIM. Pantomim ialah sebuah bentuk pertunjukan. Pemain pantomim mempertunjukkan suatu cerita dan perasaan tanpa menggunakan kata-kata. Ia memakai tubuh, gerekan-gerakan anggota badan dan wajah untuk menyatakan ceritanya.

Penemu pantomim ialah seorang artis dari Yunani. Ia menemukan bentuk pertunjukan ini tanpa sengaja. Pada suatu saat, ketika ia sedang beraksi di panggung, ia tiba-tiba kehilangan suaranya sama sekali. Tapi itu tidak membuatnya undur. Ia bahkan melanjutkan pertunjukan hanya dengan gerakan-gerakan tubuh dan mengubah-ubah mimik wajah; tanpa kata atau kalimat atau suara sedikitpun.

Di negeri asalnya, Yunani, pertunjukan pantomim biasanya dilakukan oleh seorang artis saja. Pertunjukan itu hampir selalu menceritakan dongeng tentang dewa-dewi Yunani. Ketika sang artis menceritakan dewa atau dewi yang banyak jumlahnya itu, ia menggunakan topeng-topeng. Pada mulanya, pertunjukan yang menarik itu hanya untuk para bangsawan. Tapi belakangan, karena lucu dan indah, pantomim dapat ditonton oleh umum.

Pantomim merupakan sebuah contoh dari satu kebenaran; perbuatan atau kelakuan ternyata bersuara lebih nyaring daripada kata-kata.

Sebagai orang Kristen, hidup kita mesti menyampaikan sesuatu tentaang Kristus. Dalam hal ini, kita harus selalu ingat bahwa kelakuan kita berbicara lebih nyaring dan lebih jelas daripada kata-kata kita. Jika orang lain dapat melihat dan merasakan kasih Kristus dari dalam hidup kita, lebih mudah bagi mereka untuk mempercayai Kristus.

“Dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.” (Efesus 5:2)

Jendela Pagi, Lembaga Literatur Baptis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here