Peran Teknologi dalam Pelayanan Gereja

0
39
BS_64_bahan_ajar_teknologi_informasi

Komunikasi memiliki peranan penting dalam interakasi manusia. Komunikasi tidak hanya menolong manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tetapi juga berpengaruh dalam pembentukan budaya manusia. Secara Teologi, komunikasi dipahami lebih mendalam. Alkitab memaparkan komunikasi yang terjadi antara Allah dengan umat-Nya. Komunikasi tersebut direfleksikan sebagai relasi iman yang nyata dalam kehidupan umat.

Dalam perkembangannya, manusia kemudian menciptakan berbagai media komunikasi yang semakin mempermudah proses komunikasi tersebut. Dalam perkembangan media komunikasi ini, gereja ikut serta membudidayakan media tersebut dalam praktek pelayanannya. Secara khusus media elektronik yang sangat berkembang saat ini, gereja membudidayakannya untuk memfasilitasi pertumbuhan iman umat.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap bentuk media komunikasi khususnya elektronik, memiliki dampak positif dan negatif. Gereja perlu mengantisipasi pengaruh perkembangan media ini agar tidak menjadi batu sandungan bagi pertumbuhan iman jemaat. Karena sangat disayangkan dengan tujuan yang baik tetapi justru dapat menghancurkan esensi persekutuan itu sendiri.

Teknologi-Peluang-dan-Tantangannya-Bagi-Gereja

Peradapan manusia sangat tergantung dengan perkembangan media komunikasi yang dipakai. Manusia berusaha menemukan  media komunikasi  yang bertujuan untuk mengatasi banyak permasalahan dalam hidupnya.  Orang percaya sepanjang zaman  memakai media komunkasi  itu menjadi  alat untuk pekabaran Injil. Bersamaan dengan kapitalisasi dan modernisasi  yang berkembang, peran media semakin kompleks dan vulgar. Media  tidak lagi ‘hanya” wadah penyampaian informasi untuk berbagai kebiasaan . Kekuatan media ini terbukti mengambil bagian yang  strategis dalam Pekabaran Injil. Pelayan gereja tidak hanya melalui ibadah dalam gereja saja, namun gereja dapat menggunakan media internet. Pelayan melalui media internet dapat dilakukan, misalnya gereja perlu mengirimkan bahan-bahan renungan harian, artikel. Melalui hanphone dengan mengirimkan pesan-pesan Alkitabiah terhadap warga jemaat.

Media massa sebagai sarana untuk berkoinonia. Media massa sebagai sarana untuk membangun antusias jemaat beribadah. Melalui Hand Phone gereja dapat membangun hubungan komunikasi persaudaraan di dalam kasih Kristus terhadap jemaat baik secara personal, komunal, regional, maupun global. Melakukan upaya-upaya kemitraan bersama gereja-gereja dan lembaga-lembaga Kristen lainnya untuk mencapai misi gereja. Membangun kemitraan antar jemaat Kristen dalam wadah oikumenis. Membangun komunikasi secara internsif dan berkelanjutan terhadap jemaat baik dalam hal ucapan ulang tahun kelahiran, ulang tahun pernikahan, dukungan moral. Mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat memupuk dan meningkatkan kerja sama antar gereja.

Source Instragram Yohanesaris44

Media massa sebagai sarana bermarturia,Sebagai sarana untuk menyuarakan suara kenabian baik bagi warga jemaat, masyarakat dan juga pemerintah. Mengadakan kursus-kursus dan seminar-seminar tentang pelayanan media massa, terutama pelayanan Kristiani melalui media cetak dan elektronik. Menggunakan dan memanfaatkan media komunikasi massa, khususnya media cetak dan media elektronik sebagai sarana untuk memberitakan kabar baik bagi masyarakat. Media massa (HP, TV, Radio) dapat sebagai alat untuk mengkomunikasikan Injil dan sebagai sarana  penginjilan yang praktis. Media massa sebagai sarana untuk melakukan sharing, diskusi maupun dialog secara personal. Membuat program-program siaran rohani bagi radio dan televisi yang berisi penerangan, pendidikan, kebudayaan dan penghiburan yang berlandaskan pada etika Kristiani.  Sebagai sarana informasi cepat dan praktis sehingga dengan mudah jemaat mengetahui dan terpanggil untuk menjadi bagian dari misi gereja. Sebagai sarana untuk memberikan pendidikan sosial politik, sosial ekonomi, sosial budaya,  IPTEK. Memberikan pemahaman dan panggilan orang Kristen dalam konteks masyarakat majemuk. Media massa sebagai sarana memberikan pengajaran moral, spiritual, melalui TV, Radio, HP, Internet, media cetak, majalah gereja, dll.

Media massa sebagai sarana untuk sosialiasi progam pelayanan dalam bidang sosial gereja. Membuka peluang-peluang bagi orang-orang Kristen untuk mengekspresikan imannya dengan berdiakonia.Sebagai sarana sosial untuk solidaritas,Media massa sebagai sarana pelayanan pastoral; Menghibur orang yang sakit, Menguatkan yang berduka, Meneguhkan yang bergumul dengan masalahnya, dan sebagainya.

(TI19Palu)

 

Source : https://www.kompasiana.com/lytharuruk/5d9d8ae60d82303ed07da972/peran-teknologi-dalam-pelayanan-gereja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here