Pendeta Ikut Altar Call

0
160
Pdm. Patuantah (paling kanan) bergaya bersama Ketua BPN dan rekan Gembala Sidang

Seminar dan KKR untuk Pendeta dan Gembala Sidang dalam lingkup GGBI sudah selesai. Bagi mereka yang hadir, kegiatan itu menjadi sarana peneguhan panggilan, refreshing pelayanan, bahkan inspirasi menjalani pelayanan lebih sungguh.

Salah satu peserta kegiatan, Pdm. Patuantah S.Th, Gembala Sidang GBI Imanuel Cabang Ngantang, menuturkan pengalamannya mengikuti kegiatan kepada SB (24/09/2019).

Kegiatan yang dihelat 10-12 September 2019 di Wisma Retreat Baptis (WRB) Salatiga itu, menjadi acara pertama kali yang diikuti pendeta muda tersebut.

Saat ditanya perasaannya dapat bersekutu dengan seluruh Gembala Sidang di Indonesia, Pdm. Patuantah menyatakan antusiasmenya. “Sangat terberkati, sebab ada kesempatan untuk saling mengenal atau tahu, saling sharing pelayanan dengan para Hamba Tuhan dari tempat pelayanan daerah masing-masing,” tutur Bapak A’an, begitu ia biasa dipanggil.

Ditambahkan A’an, banyak bagian menarik dari kegiatan yang masih diingat dengan baik. Misalnya, penyampaian para pembicara yang luar biasa dalam bidangnya masing-masing. Mereka membubuhi materi dengan kesaksian dan sharing mengenai kebangunan rohani.

Tak kalah menarik, kegiatan kelompok menambah keintiman di antara peserta. “Ada tugas kelompok per kamar,” tambah suami dr. Margareta S.Rad. ini. Jadi setiap kelompok bisa berbagi dan saling mendoakan dengan rekan kelompoknya.

Di bagian pengembangan pelayanan, pembicara menyampaikan kunci yang menjadi dasar pengembangan pelayanan. “Tanpa kekudusan, pelayanan tidak akan berkembang,” kutip A’an mengulang perkataan salah seorang pembicara yang masih menggema dalam hatinya.

Berfoto bersama seluruh peserta sebelum pulang.

Pendeta Ikut Altar Call

Hal unik lain yang ditemui Pdm. Patuantah adalah kemasan setiap sesi seminar yang dipungkas dengan tantangan atau KKR. Banyak Hamba Tuhan merespon tantangan dan maju untuk didoakan.

Menurut pendeta muda yang sudah menjalani lima tahun pelayanan itu, seorang Gembala Sidang sangat perlu ikut KKR. Selain tugas pelayanan penggembalaan semakin kompleks dari waktu ke waktu, tugas dan tanggung jawab kepada keluarga pun kian kompleks.

Berfoto bersama salah seorang pembicara.

Mungkin itulah sebabnya seorang gembala bisa merasa jenuh dalam pelayanan, atau mungkin juga merasa seorang diri. “Oleh karena itu, KKR dan seminar Hamba Tuhan ini sangat perlu bagi para pendeta untuk disegarkan kembali rohaninya,” terang Pdm. A’an bersemangat.

Ketika ditanya tanggapannya mengenai banyaknya pendeta yang maju dalam altar call, lelaki berambut rapih itu menyatakan syukurnya kepada Tuhan. “Puji Tuhan banyak pendeta yang maju untuk didoakan,” jawabnya. Tanggung jawab seorang Gembala memang memerlukan banyak dukungan doa.

Nah, sudahkah Anda mendoakan Pendeta Anda?

 

Reporter: Arseindy
Foto: Dok. Pribadi Pdm. Patuantah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here