Munas PBI 2020 MERINDUKAN STT DAN RS BAPTIS DI PAPUA

1
260

Pelaksana Munas PBI ke-7 Befa Yigibalom berharap, ketujuh denominasi gereja Baptis dalam PBI ini dapat melaksanakan program pendidikan seperti pembangunan sekolah dan asrama bagi generasi muda Baptis. Ia juga berharap ada rumah sakit Baptis yang berdiri di Papua. Befa mengajak denominasi ini bekerja sama sehingga sekolah-sekolah berasrama tak hanya ada di luar negeri tetapi juga bisa berdiri di Indonesia.

Sementara Ketua Harian PBI Pdt. Johni Mardisantosa menyampaikan, momentum Munas PBI Ke-7 ini untuk bersama-sama berdiskusi memikirkan yang baik dari Tanah Papua. Dengan demikian, dari tempat inilah sungguh-sungguh muncul hal-hal yang bisa menjadi berkat untuk kemanusiaan. Tak hanya itu, Pdt. Johni juga mengajak para pemimpin Baptis menggumuli dan mendoakan berdirinya sekolah tinggi teologi (STT) Baptis di Papua.

Sekadar tahu, tujuan berdirinya Persekutuan Baptis Indonesia (PBI) adalah untuk mewadahi dan menggalang persatuan dan kesatuan organisasi gereja-gereja Baptis di Indonesia. Dengan demikian, dapat dibangun kerja sama dalam melaksanakan panggilan mewartakan Injil dan melaksanakan pelayanan kepada sesama bagi keselamatan dan hidup dalam damai sejahtera.

Munas dilaksanakan di Hotel Horison, sedangkan acara Persekutuan Nasional Umat Baptis Indonesia diisi lokakarya, seminar dan kebaktian kebangunan rohani diselenggarakan di Auditorium Universitas Cendrawasih, Jayapura.

Kepemimpinan PBI dilaksanakan secara presidium . Ketua umum dipilih dari ketua gereja anggota secara bergilir dalam Munas PBI yang dilaksanakan tiga tahunan. Anggota presidium adalah ketua-ketua gereja anggota.

Penyambutan Presiden Aliansi baptis se-Dunia

Tugas ketua umum adalah memimpin rapat presidium untuk menuntukan visi, misi dan program tahunan PBI dalam rapat tahunan PBI. Keputusan dalam rapat tahunan akan menjadi acuan dan dikerjakan oleh Pengurus Harian PBI.

Dalam Munas Ke-7 PBI 2020 selain memutuskan Anggaran Rumat Tangga (ART) PBI, juga kepengurusan untuk periode 2020-2023, seperti presidium atau pimpinan tertinggi, pengurus harian, badan pengurus nasional serta tempat penyelenggaraan Munas Ke-8 tahun 2023.

 

Munas kali ini memutuskan pimpinan PBI sebagai berikut:

Ketua Umum   : Pdt Simson Lingob (GPIBI)

Ketua              : Pdt. Yosia Wartono (GGBI)

Pdt. Sperry V. Terok (KGBI)

Pdt. Titus Yikwa (PGBP)

Pdt. Kusdaryono (GBII)

Gus Effendi Chandra (GKBJ)

Pdt. Mathias Jarollo (GBAI).

Sementara Pengurus Harian PBI bidang Pelayanan diketuai Pdt. Johni Mardisantosa, Sekretaris: Pdt. Kusdaryono dan David Vidyatama, Bendahara: Pdt. Sulozisokhi Laia, Pertimbangan: Pdt. Guntur Subagyo.

Acara ditutup di Auditorium Universitas Cendrawasih. Ps. Ngwelda Paul Msiza kembali memberkati para peserta yang hadir juga pengurus terpilih untuk meneguhkan panggilan dan tanggung jawab mereka untuk kemuliaan nama Tuhan.

Penulis: Juniati

Editor: Prisetyadi Teguh Wibowo

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here