Muda: YouTuber

0
107

Kamu sudah pernah upload video di Youtube?

Atau kamu hanya penikmat video-video di Youtube saja?

Tidak ada salahnya kamu belajar menuangkan kreatifitas dengan merekam kegiatan kamu dalam bentuk video. Atau kamu bisa membuat dan membagikan video tentang hal-hal menarik.

Kedengarannya menarik dan fun bukan?

Tetapi bagaimana memulainya? Apalagi sekarang banyak Youtuber terkenal dan berpenghasilan lumayan.

Berikut ada 8 tips praktis dan fun buat kamu yang baru menjajaki dunia Youtube sebagai Youtuber pemula. Simak yuk!

Buatlah channel  Youtube.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat channel di Youtube. Caranya gampang, cukup membuat account di Google. Misalnya kamu sudah punya akun g-mail, maka kamu otomatis sudah memiliki channel Youtube.

Di channel inilah kamu akan memposting video-video kamu. Beri nama channel yang menarik, gampang diingat dan unik.

Jadi, segera buka gadget kamu dan create your own Youtube channel!

Rekam dan buat video untuk sesuatu yang FUN!

Hal selanjutnya adalah membuat video. Kamu bisa memulai dengan video kehidupan sehari-hari kamu. Atau bisa juga membuat video tentang hal-hal menarik yang ada di sekitar kamu. Jangan menunggu “suatu event sempurna” atau menunggu kamu menjadi seorang perekam professional untuk membuat video. Jangan menunggu kamu punya kamera yang bagus. Jangan membuat video dengan terpaksa. Buatlah video yang kamu senangi, yang FUN dengan kamera gadget yang ada!

Kamu bisa membuat video tentang unboxing (membuka atau membongkar) sesuatu, tips dan trik, kuliner, perjalanan wisata, review (ulasan) film hingga video kehidupan sehari-hari yang lucu.

Mulai rekam saja!

Edit dan batasi durasi 5 menit.

Rekam video dengan durasi pendek-pendek sekitar 2 detik sampai 1 menit. Ketika merekam, kamera harus stabil, jangan goyang-goyang. Potong dan buang bagian video yang kurang bagus atau tidak perlu. Susun dan sambung semua potongan video menjadi sebuah alur.

Kamu bisa menggunakan software editing video yang sederhana seperti Filmora Go atau Movie Maker yang gratisan (download di App Store atau Google Play).

Batasi video clip kamu tidak melebihi 5-6 menit. Jangan membuat video yang terlalu panjang, karena akan membosankan. Ingat, video yang panjang biasanya tidak akan ditonton. Kamu bisa membuat video berseri untuk topik yang panjang. Supaya video kamu banyak ditonton, pilih thumbnail (gambar kecil yang mewakili gambar besar untuk memudahkan dalam memilih gambar) yang menarik perhatian juga!

Suara harus jelas.

Selain pengambilan video yang tidak goyang-goyang, faktor lain adalah : suara harus jelas. Dengan suara yang jelas maka kualitas video clip kamu akan bisa dinikmati dengan baik. Hindari merekam di tempat-tempat yang bising jika kamu ingin berbicara dalam video tersebut. Bicara dengan jelas, antusias dan semangat! Tambahkan body language (bahasa tubuh) dengan gerakan tangan dan ekpresi muka!

Berikan juga subtitle (judul tambahan, anak judul) untuk membantu memperjelas informasi ketika suara kurang terdengar.

Tambahkan juga background (latar belakang) musik, supaya video clip kamu lebih bagus. Tetapi ingat, kamu wajib untuk mengatur volume latar musik supaya tidak menutupi suara utama (suara kamu).

Upload dan posting

Jika sudah diedit, maka video siap kamu upload! (cara atau proses yang dilakukan untuk melakukan pengiriman file atau data dari perangkat komputer atau perangkat lainnya yang memiliki koneksi internet. Contohnya seperti file foto, musik ataupun hal lainnya kesuatu sistem)

Beri judul yang menarik untuk mendeskripsikan video tersebut. Judul menarik menjadi salah satu faktor yang membuat video kamu banyak ditonton. Berikan juga kata-kata kunci (key words) supaya video kamu masuk dan muncul dalam pencarian di Youtube.

Konsistensi dan terus posting.

Salah satu faktor penting supaya channel kamu semakin banyak dilihat orang adalah : konsisten upload video! Kamu harus terus posting video. Misalnya setiap minggu ada satu video yang kamu posting. Jangan mengejar banyaknya jumlah subscriber pada channel kamu yang membuat frustasi dan patah semangat.

Kunci menambah jumlah subscriber (pelanggan channel Youtube) atau viewer (penonton channel Youtube) adalah kamu konsisten mengupload video dan terus posting video kamu. Jika video-video kamu berisi topik-topik “jaman now” yang menarik dan FUN, pastilah akan banyak viewer!

Share supaya banyak dilihat.

Untuk menambah jumlah viewer maupun subscriber di channel, kamu bisa membagikan link Youtube ke teman-teman, posting ulang di Facebook, Intgram, Google+ dan Twitter, maupun di Whats-App.

Semakin banyak dibagikan melalui berbagai media sosial, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui dan mengenali video dan channel kamu. Sharing merupakan salah satu kunci menambah jumlah subscriber dan viewer!

Ingat etika dan kesopanan.

Hal praktis terakhir yang harus kamu ingat adalah : tetap jaga etika dan kesopanan. Jangan membuat video yang memiliki konten atau isi menghasut, menghina dan diskriminatif . Hindari kata-kata kasar dan tidak sopan. Jangan membuat video yang berisi informasi HOAX (bohong)  ataupun yang mengandung gosip, SARA, pornografi ataupun menjiplak hak cipta karya seseorang. Jangan menggunakan lagu seseorang yang sudah ada hak ciptanya untuk background video kamu. Jikalau pun kamu ingin memakai lagu orang lain, maka perlu diinformasikan ketika kamu upload video.

Buatlah video yang memiliki content yang baik dan bermanfaat!

Sudah tahu 8 tips praktis dan fun untuk menjadi Youtuber? DO IT NOW!

Penulis: Djohan Lim

Editor: Masdharma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here