LIPUTAN | SIFAT HATI UNTUK JADI MANUSIA BERKARAKTER

1
181

Sifat Hati untuk Jadi Manusia Berkarakter

Dalam kamus Indonesia hanya terdapat sekitar 10 sifat. Berbeda dengan Alkitab yang mencatat ada 210 sifat hati manusia. Demikian disampaikan Dkn.Dipl.Ing. Hariono Soemarsono, Ph.D. dalam seminar dan diskusi tentang “Menjadi Dosen dan Karyawan yang Berkarakter” pada Rabu pagi 29 Juli 2015 di Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI) Bandung.

Penulis buku Tim dan Teamwork-Plus yang diterbitkan Lembaga Literatur Baptis (LLB) tersebut mencatat pembagian sifat hati manusia yang dikutip dari buku berjudul Menata Hati Manusia-Plus.

Pertama, kelompok kualitas predikat hati manusia yang luhur yakni yang dekat serta mengasihi Tuhan Allah dan sesama manusia. Selain itu mereka berhati “pelayan hamba”, berprinsip “give and take” atau memberi dan menerima, dan bijaksana dalam Tuhan. Kedua, kelompok kualitas predikat hati manusia yang cenderung suam-suam kuku. Predikat ini cenderung “tidak hitam” dan “tidak putih” yakni hati yang berakal, berperasaan, dan berkehendak. Ketiga, kelompok predikat hati manusia yang dursila yakni menjauhkan diri dari mengasihi Allah dan manusia serta malah mendekat kepada iblis.

Untuk itu, Hariono yang pernah menjadi karyawan dan manajemen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut mengajak para peserta seminar untuk berhati meneladani hati Tuhan Yesus yang Mahakasih dan Sempurna. Hati Yesus cenderung tergerak oleh belas kasihan. Atau setidaknya berhati karakter luhur.

Sebelumnya Ketua STDI Bandung Ferri Agustian Sukarno mengatakan kepada wartawan Suara Baptis (SB) Luana Yunaneva bahwa seminar dan diskusi tentang “Menjadi Dosen dan Karyawan yang Berkarakter” digelar untuk mempersiapkan para staf baru di kampus yang beralamat di Jalan Wastukencana nomor 52 Bandung itu. Harapannya, mereka dapat menjadi pribadi yang berkarakter dalam melayani Tuhan melalui lembaga ini.

Penulis: Luana Yunaneva

1 COMMENT

  1. tenang aja mbak kita akan cek terus, data doble kita del ., saya dengar kanayta habis nikah ya. slamat ya smoga jadi kel yg sakinah, mawaddah, warahmah. amiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here