LIPUTAN | PKMB BPD JABAR | WASPADAI BAHAYA INTERNET

0
119

PKMB BPD JABAR AJAK KAUM MUDA WASPADAI BAHAYA INTERNET

Persekutuan Kaum Muda Baptis (PKMB) Badan Pengurus Daerah (BPD) Jawa Barat mengadakan persekutuan gabungan pada Sabtu 25 Juli 2015. Bertempat di Gereja Baptis Indonesia (GBI) Baitlahim Bandung, kegiatan dimulai pada pukul 17.30 WIB, dipimpin empat pemandu acara secara bergantian.

Persekutuan yang dilayani para pemuda dari GBI Maleber, GBI Cimahi, GBI Anugerah, dan GBI Baitlahim ini mengangkat tema “Other World“. Isinya fokus pada pengaruh konektivitas internet dan dunia maya bagi kaum muda Kristiani, terutama mengenai hal yang tidak disadari namun patut diwaspadai.

Materi dibawakan Djohan Lim pemerhati kaum muda dalam suasana hangat dan akrab. Meski begitu, ia berusaha membeberkan sejumlah data yang menunjukkan betapa bahayanya internet ketika disalahgunakan antara lain menghabiskan banyak waktu, menyebabkan kecanduan, mendorong orang melakukan perjudian online, meningkatkan resiko masuknya virus dan pencurian data, hingga pornografi. Penulis rubrik Muda di Majalah Suara Baptis ini juga menunjukkan sejumlah headline pemberitaan di situs pencarian online Google yang mengabarkan bahwa sejumlah remaja meninggal dunia karena terlalu lama bermain game online.

Untuk itu, jemaat GBI Kalvari Jakarta tersebut mengajak generasi muda Baptis supaya mulai membatasi diri sewaktu menggunakan internet, termasuk melalui ponsel pintar. Pasalnya, banyak hal di sekitar mereka yang patut diperhatikan dan dinikmati. Seringkali ketika sudah terlalu asyik dengan gadget, seseorang cenderung melupakan orang-orang terkasih di sekitarnya.

“Sering kan kita melihat sepasang kekasih yang duduk berdua di sebuah kafe, namun keduanya sibuk dengan ponsel masing-masing? Atau mungkin ada keluarga yang duduk bersama, namun seluruh anggotanya tampak asyik dengan gadget kesayangan,” Djohan mencontohkan.

Mendengarkan renungan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari membuat 220-an generasi muda Baptis yang hadir malam itu tampak antusias. Ditambah panitia yang telah menyiapkan permainan sederhana yang berhadiah voucher pulsa dan nonton film serta bingkisan menarik. Persekutuan malam itu diakhiri dengan berdoa dan berfoto bersama, serta menikmati makan malam di gereja yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman nomor 586 Bandung tersebut.

Penulis: Luana Yunaneva

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here