Kota Bandung Pecahkan Rekor Pemain Angklung Terbanyak di Indonesia

0
64

Lebih dari 20 ribu warga Bandung dan sekitarnya ikut memecahkan rekor pemain angklung terbanyak di Tanah Air, dalam salah satu rangkaian kegiatan dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015 bertajuk “Harmony Angklung for the World” di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, pada Kamis, 23 April 2015.

Sesudah menjalani sejumlah prosedur dan penilaian yang cukup ketat, Wakil Direktur Museum Rekor Indonesia (MURI) Osmar Semesta Susilo mengatakan, jumlah ini mengalahkan rekor sebelumnya di Jakarta yang melibatkan 11 ribu orang.

Berdasarkan penghitungan MURI, jumlah pemain angklung di lapangan sudah mencapai 20 ribu orang. Hasil tersebut didapatkan melalui penghitungan manual yang dilakukan 400 relawan, di mana masing-masing relawan mengakomodasi 50 pemain. Jumlah tersebut belum termasuk para pelajar SD dan SMP beserta para guru yang duduk di tribun. Berdasarkan pantauan Suara Baptis, jumlah siswa yang sangat bersemangat dengan teriakan yel-yel  sejak pagi tersebut sekitar 1.500-an anak. Master of Ceremony (MC) mengatakan, penghitungan manual terpaksa dilakukan karena juri menduga sistem penghitungan otomatis mengalami masalah.

Meski ada sedikit kendala berupa waktu penyelenggaraan yang molor dan sistem penghitungan yang dinilai kurang akurat, pecahnya rekor tersebut mendapat tanggapan baik dari Walikota Bandung Ridwan Kamil. Ridwan menilai, keberhasilan ini milik warga Kota Kembang, Jawa Barat, dan Indonesia. Sementara, rekor dunia juga masih dihitung dan dinilai dari Guiness Book of Records, karena tidak dapat langsung diumumkan di depan khalayak.

“Yang kami kejar bukan masalah rekor, tetapi semangat gotong royong dan kecintaan atas kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, dan Indonesia,” tegas pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Sementara Lucia Sinogagliesi dari Guiness Book of Records, Inggris, mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat Bandung dan Indonesia, serta mengucapkan selamat atas keberhasilan acara ini. (SB/ luana yunaneva)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here