Indonesian Baptist Youth Conference (IBYC) 2019

0
287

Indonesian Baptist Youth Conference (IBYC) merupakan konferensi pemuda-pemudi Baptis seluruh Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas iman, membangkitkan semangat menjalankan Amanat Agung, mengembangkan talenta dengan berbagi pengalaman bersama pemuda remaja sesuai dengan minat, bidang pekerjaan dan studi masing-masing. Mengangkat tema “Youth For Christ” diambil dari Filipi 1 : 21. IBYC kembali diadakan pada 21-24 Juni 2019 untuk yang kedua kalinya yang berlokasi di Universitas Maranatha, Bandung. Tahun ini IBYC menanamkan nilai 4C, yaitu Calling (panggilan untuk melayani), Christ Likeness-Character (karakter seperti Kristus), Commission (diutus), dan Celebration (selebrasi atau perayaan).

Sebelumnya, acara IBYC ini diadakan di Yogyakarta pada tahun 2016 lalu dengan tema “Identity”.

Acara yang diselenggaran selama 4 hari ini, turut mengundang dua puluh lima orang pembicara yang expert di bidangnya. Acara ini juga melibatkan lima orang Pendeta sebagai pembicara dalam setiap persekutuannya, dan beberapa kaum muda untuk ambil bagian dalam pelayanan. Mulai dari pemimpin acara, worship leader, para pemusik hingga para singers.

Ketika acara dimulai, perwakilan dari masing-masing anggota kelompok mendapatkan template puzzle. Pada saat family group dimulai, para peserta akan ditantang secara berkelompok dan akan mendapatkan reward jika para peserta berhasil melewati challenge tersebut. Reward yang akan didapatkan berupa potongan puzzle yang wajib peserta kumpulkan hingga membentuk gambar utuh dari tiap potongan puzzle itu

OPENING DAY

21 Juni 2019, adalah hari yang paling ditunggu-tunggu tiap peserta di mana hari ini merupakan pembukaan IBYC 2019. Para peserta pun disambut oleh tari-tarian khas Jawa Barat, sambutan juga disampaikan ketua pelaksana IBYC 2019, Tommy Hilman, ketua Departemen Pemuda Pdt. Krisna Wahyu, dan ketua Departemen BPN Nasional GGBI Pdt. Yosia Wartono.

Bunyi-bunyian angklung pun terdengar. Para peserta dibagikan masing-masing not yang berbeda. Peserta memaninkan angklung mengikuti arahan dari conductor, memainkan lagu Manuk Dadali khas Jawa Barat secara bersamaan. Setelah para peserta diajak untuk memainkan angklung secara bersamaan, ibadah pun di mulai. Kelap-kelip lampu menghanyutkan suasana, alunan musik pun membawa para peserta untuk bergerak memuji Tuhan.

Riuh! Tepuk tangan dari peserta memberikan energi positif bagi para kaum muda yang ikut ambil bagian dalam melayani. Antusias peserta juga terlihat saat bernyanyi dan melompat mengikuti alunan musik. Pada acara ini juga, panitia kembali membagi beberapa kelompok atau yang disebut family group yang tujuannya adalah mendapatkan relasi, mengakrabkan diri antar sesama anggota, dan sharing satu dengan yang lainnya. selain itu, peserta diajak untuk mencari dan menemui family groupnya. Di sini semua peserta diajak untuk mengenal satu sama lain dan bermain games bersama keluarga barunya.

DAY 2

Empat dari dua puluh lima orang pembicara merupakan kaum muda yang aktif melayani, salah satunya ABODA. Siapa yang tak kenal ABODA? Band yang terdiri dari empat orang muda Baptis ini juga ikut ambil bagian sebagai pemusik sekaligus worship leader di hari kedua pada 22 Juni 2019 dalam acara IBYC 2019. Band yang terkenal dengan nuansa light jazzynya ini berhasil memanggil kembali energi positif dari semua peserta. Peserta dengan semangat tanpa ragu untuk bergoyang, meloncat, bertepuk tangan, dan bersorak ria.

Sesi kelas juga diadakan pada hari ini, di mana tiap peserta diwajibkan untuk mengikuti sesi kelas yang sudah dipilih. Sesi kelas yang dibagi menjadi dua sesi ini melibatkan dua puluh lima orang pembicara. Pada sesi ini, peserta mendapatkan kesempatan untuk bisa berkomunikasi langsung dengan para narasumber yang relevan, para peserta juga diajak untuk terlibat dalam pelayanan melalui talenta yang Tuhan sudah berikan kepada tiap orang.

DAY 3 – “Jika Tuhan sudah memanggilmu, kamu tidak akan pernah bisa pergi sejauh apapun kamu berlari” –Choky Sitohang-

Pagi harinya, peserta bersama dengan family groupnya diajak untuk terlibat pelayanan Minggu, 23 Juni 2019 di tiap gereja yang berbeda.  Dua hingga tiga kelompok (family group) diutus ke gereja Baptis yang ada di Bandung.

Night fellowship yang diadakan pada hari Minggu ini dibawakan oleh Pdt. Iwan Yafrin Simbolon, di mana para peserta ditantang untuk menjadi pelayan injil bagi kemuliaan Tuhan. Banyak dari peserta yang mengambil keputusan dan didoakan secara bersamaan oleh para conselor.

Jika Tuhan sudah memanggilmu, kamu tidak akan pernah bisa pergi sejauh apapun kamu berlari”, ucap Choky Sitohang. Di akhir ibadah ini juga, panitia menghadirkan Choky untuk membagikan dan memberikan kesaksian hidupnya dari awal berkarir, pada waktu dia meninggalkan Tuhan, pada waktu Tuhan menegurnya dan memanggilnya, hingga sampai titik ini, Tuhan selalu menuntun hidupnya karena Choky selalu melibatkan Tuhan dalam setiap perjalanannya.

DAY 4 – Bandung Baptist Race

Bandung Baptist Race, adalah puncak acara dari IBYC 2019. Peserta diajak mengelilingi kota kembang ini, bersenang-senang bersama dalam games. Masing-masing kelompok diajak pergi ke empat titik tempat yang berbeda menggunakan kendaraan yang sudah disediakan oleh panitia. Setiap tempat, peserta di challenge kekompakannya dan jika para peserta berhasil melewati tantangan yang dibuat panitia, peserta mendapatkan reward berupa potongan puzzle yang nantinya akan dipilih pemenangnya dari kelompok mana yang berhasil mengumpulkan potongan puzzle terbanyak.

“Lagi, lagi, lagi…!!”, teriakkan yang terus dilontarkan peserta yang berdiri di depan panggung. Bubuk berwarna-warni dilemparkan panitia dan mengotori wajah hingga pakaian dari peserta yang mengikuti acara praise and worship dalam closing ceremony IBYC 2019. Setelah mengelilingi kota Paris Van Java, semua peserta kembali ke titik awal dan seluruh peserta dikumpulkan untuk mengikuti acara penutupan. Iringan yang berbasis electronic music ini juga turut memeriahkan closing ceremony dan semua peserta kembali bernyanyi dan bergoyang mengikuti alunan musik tersebut. Acara yang didesain meriah dan “kaum muda banget” ini tentunya akan memberikan kesan tersendiri oleh tiap peserta yang mengikuti Indonesian Baptist Youth Conference 2019.

Penulis: Stefani Sandika

Sumber foto: IBYC dan Suara Baptis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here