Gereja Unik di Atas Bukit, Ada Makam di Tengahnya

0
64

Gereja St Paul di Melaka sungguh unik. Terletak di atas bukit, gereja ini punya makam yang berada di tengahnya.

St Paul Church yang dibangun pada tahun 1513 ini berlokasi di atas Bukit Melaka atau yang sekarang dikenal dengan nama bukit St Paul.

Meskipun saat ini yang tersisa hanya reruntuhannya, tempat ini tak sepi oleh pengunjung. Untuk menuju gereja, kita harus menaiki anak tangga yang cukup melelahkan. Kita bisa naik dari sisi Stadthuys maupun dari A Famosa.

Gereja ini dibangun oleh seorang bangsawan berkebangsaan Portugis, Duarte Coelho, sebagai rasa syukur kepada Virgin Mary yang telah menyelamatkannya dari badai di laut.

Gereja yang sempat dijadikan menjadi benteng ini rusak cukup parah saat invasi Belanda di Melaka tahun 1641 dan menjadi gereja protestan utama selama 112 tahun sampai Christ Church selesai dibangun pada tahun 1753. Dan di bawah administrasi Inggris, gereja ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan bubuk mesiu.

Di depan gereja, akan kita temui patung St Francis Xavier, seorang misionaris katolik yang sering mengunjungi St Paul Church sejak gereja ini dibangun. Setelah kematiannya pada tahun 1552, jasadnya dimakamkan sementara di gereja ini selama 6 bulan sebelum dipindahkan ke Goa Portugis di India. Hingga saat ini, makam sementara St Francis Xavier masih ada di tengah kompleks gereja ini.

Yang tersisa dari reruntuhan gereja ini adalah dinding-dinding batu. Di bagian gereja yang lebih dalam, kita bisa melihat batu nisan yang besar dan kuat milik bangsawan Belanda yang dimakamkan di sini, termasuk Pedro Martins, uskup kedua Funay, Jepang.

Dari atas bukit ini, kita juga bisa melihat pemandangan kota Melaka dari ketinggian. Selain itu, terdapat banyak pepohonan, penjual souvenir dan juga para seniman termasuk yang menunjukkan kebolehannya bermusik. Sehingga di atas bukit ini cocok untuk bersantai.

 

Sumber Link : https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-4679938/gereja-unik-di-atas-bukit-ada-makam-di-tengahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here