Antisipasi Salah Pilih Jurusan, STDI Bandung Gelar Pameran “Pigmentum”

0
33

Problematika yang sering dihadapi mahasiswa adalah kekhawatiran dalam memilih jurusan, terutama ketika sudah telanjur masuk ke dunia perkuliahan. Ketidaksesuaian jurusan dengan minat menyebabkan mahasiswa berpotensi mogok kuliah bahkan meninggalkan studinya di tengah perjalanan. Hal inilah yang berusaha diminimalisir oleh Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI) Bandung. Salah satunya dengan menggelar pameran bertajuk “Pigmentum” pada 11 hingga 13 Agustus 2015, mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Ferri Agustian Sokarno Ketua STDI mengatakan bahwa pameran yang digelar di Jalan Wastukencana nomor 52 tersebut bertujuan menunjukkan minat dan bakat anak-anak didiknya. Ia mencontohkan, jika sejak awal perkuliahan mahasiswa telah berminat masuk ke jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), namun ternyata lebih sesuai di jurusan Fashion Communication, ia dapat berpindah jurusan.

“Jadi, setahun pertama, mereka belum masuk ke studio karena masih mempelajari dasar-dasar desain. Peminatan baru dilakukan saat masuk ke semester tiga atau tahun kedua perkuliahan,” jelas pemuda berkacamata itu kepada wartawan Suara Baptis (SB) Luana Yunaneva, “Peminatan di STDI ada tiga macam, yaitu DKV, Fashion Communication, dan Desain Interior.”

Pameran ini juga merupakan laporan akademik terhadap orang tua mahasiswa. Untuk itu, Ferri berharap, mereka dapat hadir untuk melihat apa saja yang dipelajari ananda tercinta selama di kampus.

“Tidak ada syarat-syarat khusus untuk karya yang dipamerkan. Pastinya pameran ini menampilkan karya-karya terbaik 15 mahasiswa kami yang sekarang duduk di semester tiga. Tiap mahasiswa membuat 6 hingga 8 karya, baik dua maupun tiga dimensi.”

Sebelumnya Ketua Penyelenggara Pigmentum Cecep Ahmad Solihin menuturkan, kata “Pigmentum” diambil dari bahasa Yunani yang berarti penuh dengan warna. Dengan tema ini, mahasiswa semester tiga di STDI tersebut berupaya menampilkan karya teman-teman seangkatannya yang memiliki berbagai macam karakter. Terlebih lagi kegiatan ini merupakan bagian dari Tahap Pembelajaran Bersama (TPB).

Penulis dan Fotografer: Luana Yunaneva

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here