Renungan Harian, Senin 6 Mei 2019; Matius 12:33-37 “POHON DIKENAL DARI BUAHNYA”

0
6
https://berburudurianindonesia.wordpress.com

Sebuah tunas pohon yang tumbuh diantara batu-batu, telah dipindahkan ke sebuah tanah pekarangan. Tumbuhan itu disirami setiap pagi. Semakin hari tumbuhan itu bertambah tinggi. Si penanam pun melihat dengan penuh harap, suatu saat akan memetik buahnya.

Ketika tumbuhan itu semakin besar, penanam itu menyiangi rumput yang mengganggu pertumbuhan pohon itu. Kemudian membersikan dari hama-hama tanaman yang mengganggu, dan mendengir tanahnya agar gembur. Diberinya pupuk supaya semakin subur.

Tahun telah berganti tahun, dan si penanam pun selalu memperhatikan pohon itu setiap hari. Dilihatnya kalau-kalau ada tanda-tanda munculnya bunga, karena memang sudah waktunya untuk pohon semacam itu mengeluarkan bunga. Sayang sekali, musim telah lewat. Bahkan musim kedua, ketiga dan keempat pun telah berlalu, namun tidak terlihat tanda-tanda sedikitpun pohon itu akan berbunga. Apalagi buah.

Si penanam sudah melakukan apa saja yang seharusnya, untuk memelihara pohon semacam itu. Sayang bunga yang ditunggu tidak muncul juga. Namun ia tetap menyabarkan diri, untuk menunggu satu musim lagi. Apa hendak dikata, ternyata musim lewat, harapan tinggal harapan. Akhirnya si penanam itu terpaksa menebang pohon yang tidak menghasilkan buah seperti yang seharusnya.

Banyak juga orang yang mengaku dirinya Kristen, tetapi tidak mengubahkan buah-buah rohani. Kiranya mereka perlu dilahirkan kembali, sehingga menghasilkan yang berguna bagi Tuhan dan sesama.

“Orang yang baik mengeluarkan hal-hal baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat.” (Matius 12:35)

Jendela Pagi, Lembaga Literatur Baptis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here