5 Gereja Bergaya Baroque di Filipina yang Wajib Banget Kamu Kunjungi

0
60
flickr.com

Filipina merupakan negara dengan penganut agama Katolik Roma terbesar di Asia Tenggara, di mana 86 persen penduduknya menganut agama ini.

Banyaknya penganut Katolik di Filipina berasal dari penjajahan bangsa Spanyol di negeri ini selama beberapa abad yang membawa pengaruh besar terhadap kultur di sini. Maka dari itu tak heran apabila banyak terdapat banyak gereja dengan arsitektur khas Spanyol bergaya baroque di Filipina.

Buat kamu yang sedang merencanakan berlibur ke Filipina, maka beberapa destinasi wisata sejarah gereja berikut ini layak banget untuk dikunjungi.

1. Gereja San Agustin

instagram.com/mariakristinasebastian/

Pertama ada Gereja San Agustin yang letaknya berlokasi di Intramuros, Manila, di mana sudah dibangun sejak tahun 1607 dan menjadi gereja tertua di Filipina. Selain itu gereja ini menjadi empat gereja tertua buatan Spanyol bergaya Baroque di Filipina, yang masuk dalam Cagar Budaya UNESCO sejak tahun 1993.

Gereja San Agustin juga menjadi bangunan landmark yang diresmikan oleh pemerintah Filipina sejak tahun 1976.

Baca Juga Artikel : Gereja Ayam Tersembunyi di Balik Hutan Memiliki Misteri dan Hebohkan Dunia!

2. Gereja Paoay

flickr.com

Gereja Paoay menjadi salah satu gereja tertua di Filipina yang berdiri sejak tahun 1710 dan berada di Paoay, Ilocos Norte. Bentuk arsitektur gereja ini sangat unik dan berbeda dibandingkan gereja-gereja di Filipina lainnya, dengan bentuk dinding yang menarik. Selain itu terdapat menara bel yang unik serta memiliki area lahan yang luas.

Gereja ini juga masuk dalam beberapa gereja Cagar Budaya UNESCO bergaya Baroque di Filipina sejak tahun 1993 serta masuk dalam National Cultural Treasure di Filipina sejak tahun 1973.

3. Gereja Santa Maria

flickr.com

Lalu ada lagi Gereja Santa Maria atau Church of Our Lady of the Assumption yang terletak di perkotaan Santa Maria, Provinsi Ilocos Sur. Gereja besar ini sudah dibangun sejak tahun 1765 dan menjadi salah satu bangunan gereja buatan Spanyol. Bangunan bergaya baroque ini sangat unik dan memiliki desain yang keren dengan bentuk memanjang.

Baca Juga Artikel : Warna-warni Gereja Berkubah Tercantik di Dunia, Serasa Pergi ke Negeri Dongeng

4. Gereja Miagao

flickr.com

Kemudian terdapat Gereja Miagao atau Gereja Santo Tomás de Villanueva Parish merupakan gereja Katolik Roma yang ada di Miagao, Iloilo.

Bangunan gereja ini sudah dibangun sejak tahun 1787 dan selesai tahun 1797 yang menjadi salah satu gereja buatan Spanyol di Filipina bergaya baroque. Namun gereja ini sempat mengalami kerusakan akibat Perang Dunia II dan gempa di Filipina tahun 1948.

Gereja ini juga mempunyai fasad yang cantik, dengan gaya arsitektur Spanyol yang sangat kental.

5. Gereja Loboc

flickr.com

Gereja Loboc atau Gereja San Pedro Apostol Parish adalah gereja Katolik yang terletak di kota Loboc, Bohol. Gereja ini menjadi salah satu yang tertua, di mana sudah dibangun sejak tahun 1602 serta mengalami renovasi setelah adanya gempa besar Visayas tanggal 15 Oktober 2013. B

Bangunan ini masuk dalam National Cultural Treasure di Filipina sejak tahun 1998.

Itu tadi beberapa gereja unik di Filipina yang cocok sebagai destinasi wisatamu selanjutnya. Mana nih yang ingin kamu kunjungi?

 

Source : https://www.idntimes.com/travel/destination/brahm-1/5-gereja-bergaya-baroque-di-filipina-c1c2/full

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here