5 Gereja Berarsitektur Portugis di Makau yang Harus Banget Didatangi

0
135
instagram.com/youbigmeanie/

Makau merupakan salah satu daerah yang menghadap langsung ke Laut Cina Selatan. Sebelumnya Makau merupakan salah satu koloni Portugis di Asia, selama lebih dari 400 tahun lamanya dari 1557 hingga 1999, yang tentu membawa pengaruh besar ke wilayah ini. Maka dari itu banyak terdapat berbagai bangunan-bangunan kuno bekas peninggalan Portugal di Makau yang eksotis.

Salah satu bangunan yang menarik di Makau adalah gereja yang masih memiliki arsitektur khas Portugis yang keren.

Pastinya kalian yang suka berwisata sejarah, harus banget mengunjungi gereja-gereja di Makau berikut ini.

1. Chapel of Our Lady of Penha

inspirock.com

Gereja Our Lady of Penha merupakan gereja Katolik Roma yang terletak di São Lourenço, Makau, yang letaknya persis berada di Bukit Penha. Bangunan gereja ini sudah dibangun sejak tahun 1622 yang dibangun oleh senate Augustinian di Makau pada waktu itu.

Selain itu gereja ini sudah dibangun kembali pada tahun 1837 dan terakhir pada tahun 1935, bangunan bersejarah ini dibangun ulang, tapi tidak meninggalkan bentuk lamanya.

Bentuk bangunan gereja ini juga sangat menarik dan masih mempertahankan gaya Eropa khas Portugis. Serta letaknya di atas bukit membuat bangunan ini terlihat sangat indah dan memesona.

2. Chapel of St. Francis Xavier

instagram.com/macaouk/

Salah satu yang wajib didatangi adalah Chapel of St. Francis Xavier yang letaknya berada di Coloane, Makau tepatnya ada di sebelah selatan daerah ini.

Gereja ini berdiri sejak tahun 1928 dan juga digunakan sebagai penyimpanan berbagai benda peninggalan Kristen Katolik di Asia. Benda-benda tersebut berasal dari berbagai peristiwa bersejarah perjuangan umat Katolik di Asia Timur khususnya, serta untuk mengenang peristiwa tersebut.

Chapel of St. Francis Xavier memiliki bentuk arsitektur baroque khas Portugis dengan jendela dan pintu yang unik. Di samping itu gereja ini juga sangat mudah untuk dikunjungi yang tidak jauh dari akses transportasi umum di Makau.

3. St. Lazarus Church

instagram.com/xo__rin__/

Gereja St. Lazarus juga menjadi salah satu gereja bersejarah yang terletak di São Lázaro, Makau. Sudah berdiri sejak 1557-1560, menjadi gereja ini salah satu yang tertua di Makau dan dibangun kembali pada tahun 1885. Namun keaslian bangunan ini masih terjaga, di mana salibnya masih sama seperti dahulu dan tidak pernah diubah sejak pertama kali dibangun.

4. St Dominic’s Church

instagram.com/srpt.b/

Berikutnya ada Gereja St Dominic’s yang memiliki bentuk arsitektur baroque yang terletak di Freguesia da Sé, Makau, yang mana merupakan area CBD dari Makau. Selain itu bangunan ini berada di Historic Center of Macau yang masuk dalam Cagar Budaya UNESCO.

Bentuk arsitektur bangunan gereja yang dibangun pada tahun 1587 ini sangat menarik dan khas dari Portugis, disertai adanya ornamen-ornamen yang tidak dapat ditemui di gereja lainnya di Makau.

5. St. Anthony’s Church

instagram.com/enyeny0329/

Masih di area Historic Center of Macau, terdapat Gereja St. Anthony’s juga menjadi bangunan bersejarah di Makau. Gereja ini sudah dibangun sejak tahun 1560 dan pernah beberapa kali direkonstruksi hingga tahun 1930an.

Bangunan ini mempunyai bentuk arsitektur khas Eropa selatan yang kental dengan berbagai ornamennya. Selain itu sebelumnya juga menjadi pusat dari ibadah agama Katolik di Makau.

Nah, sudah tahu kan beberapa gereja bersejarah di Makau yang hadirkan arsitektur khas Portugal. Kira-kira mana nih yang mau kalian kunjungi duluan?

 

Source : https://www.idntimes.com/travel/destination/brahm-1/5-gereja-berarsitektur-portugis-di-makau-c1c2/full

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here