Renungan

Renungan Harian, Senin 1 April 2019, Roma 6:17-23 “KEBEBASAN YANG SEJATI”

Written by suarabaptis
https://intisari.grid.id

Ini terjadi pada masa Presiden Abraham Lincoln membebaskan para budak. Ada seorang bekas budak sedang berjalan-jalan melewati tokoh yang menjual binatang-binatang peliharaan. Ia memperhatikan sebuah sangkar yang dipenuhi burung-burung yang bagus. Burung-burung dalam sangkar itu beterbangan kian kemari. Kelihatannya gelisa sekali. rupanya ingin mencari kebebasan. Lama sekali bekas budak itu memperhatikan burung-burung tersebut. Tampak air mata dipipihnya.

Ia mencari pemilik toko itu. “Berapa harga burung-burung itu?” tanyanya. Yang punya toko menyebutkan harganya. Ia mengeluarkan semua uang disakunya, ternyata cukup untuk membeli burung-burung yang terkurung dalam sangkar itu.

Ia membayar lunas saat itu juga. “Tolong keluarkan burung yang satu ini,” pintahnya kepada pemilik tokoh itu. Waktu burung itu sudah di tangannya, ia melangkah ke pintu dan membiarkannya terbang. Kemudian ia kembali ke dalam.

“Sekarang coba minta burung yang itu” katanya. Sekali lagi burung yang sudah ditangannya itu ia biarkan terbang bebas. Ini dilakukannya sampai semua burung yang sudah dibayarnya itu habis diterbangkannya.

Pada saat ia memperhatikan burung terakhir lepas dari tangannya, sekali lagi air mata meleleh dipipihnya.

Waktu orang bertanya, mengapa ia lakukan hal itu, ia menerangkan, “Dulu saya seorang budak. Saya dapat merasakan betapa luar biasanya mendapat kebebasan.”

Banyak orang; baik laki-laki, wanita, tua maupun muda, adalah budak-budak dosa. Banyak diantara mereka yang tidak menyadari. Tetapi yang lebih mereka perlukan ialah: mereka perlu di bebaskan.

“Apabila anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.” (Yohanes 8:36)

About the author

suarabaptis

Leave a Comment