Renungan

Renungan Harian, Rabu 27 Februari 2019, Yohanes 15: 9-17 “SAHABAT YANG BAIK”

Written by suarabaptis
http://wow.tribunnews.com

Banyak orang mengalami kesukaran dalam mencari teman yang sungguh-sungguh baik. Mereka tidak suka menerima nasihat orang tua, guru, pendeta dan teman, agar menjauhi kelompok-kelompok yang tidak baik. Sebaliknya mereka lebih suka bergaul dan menerima nasihat dari teman yang tidak baik.

Ingatkah saudara Perumpamaan Anak Yang Hilang. Ia lebih suka mendengar nasihat teman-temannya yang tidak baik daripada nasihat ayahnya (Lukas 15:13-14).

Ada yang berkata bahwa bila rusa hutan diburu, rusa-rusa hutan itu akan mengelompok dalam satu lingkaran. Kelompok itu seolah-olah saling menjaga satu dengan yang lain. Tetapi apabila salah satu dari rusa dalam kelompok itu tertembak maka rusa-rusa yang lain itu akan meninggalkan rusa yang berdarah itu. Rusa-rusa itu sangat takut dengan darah.

Sikap rusa itu seperti contoh teman yang tidak baik. Mereka menjadi teman, ketika kita punya kedudukan, punya uang dan punya banyak hal lainnya lagi. Tetapi kalau kita ditimpa kesukaran, kesengsaraan, persoalan teman-teman itu meninggalkan kita.

Firman Allah memberitahu kita bahwa Tuhan Yesus berjanji tidak meninggalkan kita. Ia berjanji kan menyertai kita dimanapun kita berada.

Yesus adalah sahabat yang baik dan benar. Yesus bukan hanya menyerahkan nyawa-Nya bagi sahabat-sahabat-Nya tetapi juga untuk orang-orang yang membenci Dia.

Sebagai orang Kristen, kita perlu mencari teman yang sungguh-sungguh mengasihi Yesus. Carilah teman yang senang melayani. Merekalah yang dapat menolong dan menguatkan pertumbuhan rohani kita.

“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi sorang saudara dalam kesukaran”     (Amsal 17:17)

Jendela Pagi, Lembaga Literatur Baptis

About the author

suarabaptis

Leave a Comment