Renungan

Renungan Harian, Selasa 26 Februari 2019, Yohanes 15:1-8 “MENANAM DAN MEMELIHARA”

Written by suarabaptis
https://www.potensilokal.com

Orang yang bekerja dalam bidang pertanian menyatakan, bahwa secara alamiah, alam ini menumbuhkan alang-alang dan tanaman berduri. Tidak ada yang menanam atau memelihara, tetapi tanaman itu tumbuh dengan sendirinya. Tidak diperlukan usaha yang khusus untuk dapat menghasilkan alang-alang atau tanaman berduri.

Sebaliknya, apabila kita menginginkan tanaman yang berguna untuk dimakan, kita harus menanam, menyirami, memberi pupuk dan memeliharanya. Kita harus merawat tanaman itu agar tidak dirusak oleh tanaman berduri atau alang-alang. Karena kalau tidak, maka pohon yang kita tanam, sulit bertumbuh, apalagi berbuah.

Secara alamiah, alam ini tidak menumbuhkan bibit yang baik. Bibit yang baik itu harus ditanam dan dipelihara oleh orang yang mengharapkan hasil yang baik. Diperlukan banyak waktu, untuk memelihara tanaman itu sampai diperoleh hasil yang baik.

http://parokisantolukas.org

Sama seperti tanaman yang baik, tidak secara otomatis tumbuh dari dalam tanah, demikian pula hati kita tidak secara otomatis menghasilkan yang baik. Dosa dan hal-hal yang jahat, seperti alang-alang yang tumbuh mengganggu hidup kita. Kalau kita tidak menjaga hidup kita, maka dosa dan perbuatan jahat akan tumbuh mengganggu hidup kita. Kalau kita tidak menjaga hidup kita, maka dosa dan perbuatan jahat akan tumbuh memenuhi hidup kita.

Kalau kita ingin menghasilkan buah kehidupan yang baik, kita harus menanam benih yang baik yang kita terima dari Firman-Nya dalam hati kita.

Kita juga harus membiasakan mencabut & membuang benih dosa selagi dosa itu masih muda. Kalau dibiarkan, maka akar dosa semakin dalam tertanam dalam hidup kita dan sukar untuk menghilangkan.

“karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah”  ( 1 Petrus 2:1 )

Jendela Pagi, Lembaga Literatur Baptis

About the author

suarabaptis

Leave a Comment