Renungan

Bacaan : Efesus 2:1-10 “TIDAK DIJUAL”

Written by suarabaptis
http://rajapena.org

Alkisah ada seorang janda miskin yang anak tunggalnya sakit keras. Anak itu ingin agar ibunya membelikan sejenis buah anggur. Ibu itu berusaha mencari di toko-toko buah, tetapi tidak menemukannya. Ia mulai putus asa.

Tiba-tiba ia teringat bahwa buah anggur seperti  yang diminta oleh anaknya itu ada dalam kebun istana raja. Ia bergegas mengambil uang, lalu pergi ke istana untuk membeli buah anggur itu. Ketiak ia ceritakan keinginannya kepada penjaga kebun anggur raja, orang itu menertawakan dan berkata, bahwa anggur itu tidak dijual.

Janda itu mendesak , “Tolonglah, anakku sakit keras. Ia ingin buah anggur itu, “ pintanya sambil menangis.

Janda itu menyerahkan seluruh uangnya kepada penjaga kebun, namun orang itu tetap menolak. Penjaga itu bahkan menyuruh dia pergi dan tidak mengganggu lagi.

Tepat pada saat itu, putra raja memasuki kebun anggur. Ia mendengar semua percakapan mereka.

“Mengapa ibu menangis?” tanya putra raja itu. Janda itu menceritakan bahwa anaknya sakit keras, dan ingin buah anggur yang ada dalam kebun raja. Ia juga bersedia menyerahkan seluruh uangnya untuk membeli sedikit buah anggur itu.

‘Ibu yang baik,” kata putra raja. “Bapakku bukan pedagang, tetapi raja. Pekerjaannya bukan menjual barang, melainkan selalu memberi”. Lalu putra raja itu memberi buah anggur kepadanya, sebanyak ia kuat mengangkatnya.

Banyak orang mengira, mereka dapat membeli surga dan hidup kekal. Tetapi keselamatan tidak pernah dijual. Hanya oleh karena Yesus telah mengorbankan diriNya, maka kita memperoleh keselamatan secara cuma-cuma.

“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman, itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu. Jangan ada orang yang memegahkan diri.”   ( Efesus 2:8-9 )  

Jendela Pagi , Lembaga Literatur Baptis

About the author

suarabaptis

Leave a Comment