Munas IV GGBI

Pembahasan Hasil Musyawarah Komisi I Bamusnas GGBI: Munas Tak Berhak Ubah AD/ART GGBI

Written by suarabaptis

ilustrasi: thebalance.com

 

Forkam atau forum komunikasi, salah satu alternatif yang dibangun Badan Permusyawaratan Nasional Gabungan Gereja Baptis Indonesia (Bamusnas GGBI) untuk memaksimalkan pelayanan di tiap Badan Perwakilan Daerah (BPD) GGBI. Namun, seperti yang sempat disinggung dalam liputan Suara Baptis I 2018 (edisi cetak), sejauh ini baru 7 dari 19 BPD GGBI yang membentuk forkam.

Dalam Munas IV 2018 ini, forkam BPD GGBI Solo tampak menonjol. Hal itu terlihat dari beberapa laporan kinerja Bamusnas GGBI yang banyak melakukan koordinasi dengan BPD Solo (Buku Materi Munas GGBI, Komisi I dan II), mulai dari pembentukan hingga musyawarah forkam. Setidaknya tercatat empat kali Bamusnas mengunjungi BPD GGBI Solo.

Dalam kesempatan Munas IV kali ini, forkam BPD GGBI Solo pun menyurati Bamusnas GGBI untuk mengusulkan perubahan beberapa poin dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) GGBI. Surat ini dibacakan oleh Sekretaris Bamusnas Pdt. Frank David Suitela dalam Musyawarah Pleno I, Senin 20 Maret 2018 kemarin. Pembahasan surat ini kemudian diserahkan ke Komisi I Bamusnas GGBI.

Sayangnya usul ini tidak dapat ditindaklanjuti lantaran terbentur beberapa pasal dalam ART GGBI.

Ketua Komisi I (Organisasi) GGBI, Pdt. Hely Heryanto menegaskan dalam pembahasan hasil Komisi I, bahwa pihak Bamusnas tidak berhak mengubah ART GGBI. Ia menambahkan bahwa seharusnya surat ini ditujukan kepada Badan Pengurus Nasional (BPN) GGBI.

Seperti yang tertera dalam ART GGBI bab 8 pasal 42, bahwa perubahan AD/ART GGBI hanya dapat diusulkan kepada Musyawarah Besar GGBI. Dengan catatan usulan perubahan tersebut sudah disampaikan ke gereja-gereja anggota oleh BPN GGBI skeurang-kurangnya tiga bulan sebelum Mubes GGBI.

“Surat ini salah alamat,” tandas Yohanes Widoyoko, Pembina BPN GGBI dan Yayasan Baptis Indonesia (YBI) turut menjelaskan.

“Jadi tidak ada kewenangan sama sekali dalam munas untuk membahas masalah itu (perubahan AD /ART). Yang memungkinkan , BPN akan membentuk Steering Comite organisasi, guna membahas usulan dari gereja-gereja.”

Selebihnya, seluruh hasil musyawarah Komisi I Bamusnas, disepakati sidang musyawarah pleno III. (SB/andry)

 

About the author

suarabaptis

Leave a Comment