Munas IV GGBI

Musyawarah Komisi Tercepat

Written by suarabaptis

Mungkin ini adalah musyawarah komisi tercepat dalam Munas IV kali ini. Komisi I bidang organisasi yang diketuai Pdt. Helly Hariyanto, Gembala Sidang GBI Blok Kupat Bandung telah menyelesaikan musyawarah komisi dalam waktu 45 menit saja. Musyawarah komisi yang dimulai pukul 20.45 (terlambat 15 menit dari jadwal) berakhir pada pukul 21.30.

Padahal jumlah kehadiran utusan gereja di komisi ini lebih banyak dibanding yang hadir di Munas ke III. Tercatat 75 orang hadir dalam musyawarah komisi I ini.

Sementara yang menjadi narasumber di komisi I ini adalah dari Pdt. David Sumarto, Widoyoko, Sugiono mewakili Yayasan Baptis dan Pdt. Paul Kabarianto mewakili Bamusnas (Badan Musyawarah Nasional). Tidak ada perwakilan dari BPN GGBI yang hadir di musyawarah komisi I.
Ketua melontarkan usulan untuk memanggil BPN GGBI masuk ke ruang musyawarah, namun usul ditolak secara bulat oleh anggota komisi I.

Ada dua agenda yang seharusnya dibahas di komisi ini. Perubahan AD/ART GGBI dan BCPO (Bakal Calon Pemimpin Organ). Namun pembahasan BCPO dilakukan di komisi 4 (komisi yang baru dibentuk). Jadi komisi I hanya membahas perubahan AD/ART saja.

Diawali dari surat Forkam (Forum Komunikasi) BPD Surakarta kepada Bamusnas yang mengusulkan beberapa perubahan AD/ART GGBI. Widoyoko sebagai narasumber mengingatkan peserta mengenai aturan perubahan AD/ART. Dalam AD/ART GGBI Bab VII pasal 38 berbunyi “Gereja anggota atau gereja-gereja anggota yang berkehendak mengusulkan perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga GGBI dengan disertai alasan-alasan perubahan sebagaimana dimaksud, dapat mengajukan usulnya kepada BPN GGBI dengan tembusan kepada Bamusnas GGBI dan BPD GGBI”.

Merujuk ke pasal tersebut, surat dari Forkam BPD Surakarta kepada Bamusnas dinyatakan tidak dibahas dalam musyawarah komisi I karena tidak sesuai dengan AD/ART GGBI. Musyawarah Komisi I menyarankan Forkam BPD Surakarta untuk menyerahkan surat ke BPN GGBI.

sb/masdharma

About the author

suarabaptis

Leave a Comment