Muda Uncategorized

MUDA | SATU KATA: OPTIMIS!

Written by admin

Djohan Lim*)

Wow, kita sudah memasuki tahun 2016! Apakah kamu sudah menulis tujuan atau  goal tahun 2016? Bagaimana persiapan kamu menghadapi ujian kenaikan kelas atau UN? Bagaimana bisa tetap optimis menjalani tahun 2016?

Ada  sebuah cerita menarik tentang dua orang pemuda penjelajah alam. Seorang pemuda penjelajah alam, berjalan dari sebuah desa di pegunungan ke sebuah desa di lembah. Di tengah perjalanan, ia melihat seorang petani tua yang sedang bekerja di ladang. Pemuda itu berhenti dan bertanya, “Maaf Pak Tua, saya sedang dalam perjalanan ke desa di lembah. Bisakah Bapak menceritakan bagaimana keadaan desa tersebut?”

Petani tua itu berhenti dari pekerjaannya dan dengan tersenyum balik bertanya kepada pemuda itu, “Kamu datang dari mana?”

Pemuda itu menjawab, “Aku datang dari desa di pegunungan.”

“Bisakah kamu ceritakan seperti apa desa di pengunungan itu?” tanya petani.

“Waduh, mengerikan sekali!” pemuda itu berseru. “Tidak ada yang bisa berbicara dengan bahasa yang dapat saya mengerti! Saya harus tidur di lantai tanah dingin di salah satu rumah penduduk desa! Bahkan mereka memberi saya makan semacam sup rumput yang rasanya lebih pas buat makanan ternak! Belum lagi cuaca di sana sangat tidak nyaman dan dingin!”

Setelah mendengar cerita pemuda tadi, petani tua berkata, “Jika demikian, saya berpikir bahwa di desa lembah, kamu akan menemukan situasi yang kurang lebih sama dengan yang di desa pengunungan.”

Beberapa jam kemudian pemuda penjelajah alam lain lewat di samping ladang petani tua.  Pemuda ini juga bertanya kepada petani tua, “Maaf Pak Tua, saya sedang dalam perjalanan ke desa di lembah. Bisakah Bapak ceritakan bagaimana keadaan desa di sana?”

“Dari mana asalmu, Nak?”

“Saya datang dari desa di pegunungan.”

“O desa di pengunungan. Bagaimana keadaan desa itu?”

“Desa yang mengagumkan!” pemuda itu menjawab dengan antusias. “Di sana tidak ada yang bisa berbicara dengan bahasa yang dapat saya mengerti. Jadi, kami harus berkomunikasi menggunakan gerakan tangan dan ekspresi wajah. Saya masih tersenyum ketika mengingat hal itu. Saya harus tidur di lantai tanah yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Penduduk desa itu memiliki makanan yang khas, yakni semacam rebusan aneh dan saya tidak tahu apa yang ada di dalamnya. Rasanya baru buat lidah saya!  Suatu pengalaman yang luar biasa melihat penduduk desa biasa hidup dalam cuaca dingin. Itu salah satu perjalanan terbaik dalam hidup saya!”

Petani tua itu tersenyum mendengarkan pemuda ini bercerita dengan penuh semangat.

“Jika demikian, saya berpikir bahwa kamu akan menemukan pengalaman yang luar biasa juga di desa lembah.”

Dari cerita di atas, kamu dapat belajar bahwa suatu situasi bisa memiliki pandangan yang berlainan dari masing-masing orang. Pemuda yang pertama melihat segala sesuatu dengan kacamata negatif, sedangkan pemuda kedua melihat dengan pandangan positif. Demikian juga dalam menjalani tahun ini, kamu dapat memilih untuk memandang dengan kaca mata negatif atau dalam semangat positif.

Semua tergantung  padamu.

Dalam artikel ini, kamu bisa belajar bagaimana menikmati hari-hari di depan dengan positif dan semangat yang optimis!

  • Semua hal yang baik, berujung baik.

Apa pun yang akan kamu hadapi di hari esok, ketika kamu berbuat baik, percayalah bahwa semuanya akan berujung baik juga, walaupun hasilnya saat ini mengecewakan. Bisa saja kamu melakukan kesalahan dan kecerobohan. Tetapi ketika kamu menyadarinya dan bangkit kembali, pengalaman pahit saat ini pasti akan berujung baik. Jadi, dengan mengetahui bahwa semua akan berujung baik, akan membuat kamu berani mengambil langkah demi langkah untuk mencapai goal di tahun 2016.

Cobalah hal-hal baru yang positif bersama teman-teman. Wujudkan mimpi-mimpimu. Hidup ini penuh warna. Jadi, mari nikmati setiap hari dengan warna baru!

  • Lakukan yang baik sekarang, jangan menunda.

Tidak  ada hari buruk untuk memulai sesuatu yang baik. Setiap bangun pagi, ingatkan dirimu bahwa hari ini adalah hari terbaikmu! Jadi jangan membiasakan dirimu untuk menunda. Apa pun yang kamu tunda hari ini akan menjadi beban hari esok. Jangan menunggu semua berjalan baik baru kamu akan bertindak.

Terlalu banyak remaja saat ini tidak bergerak karena alasan menunggu timing yang tepat. Padahal itu hanya alasan yang dibuat karena kemalasan dan ketakutan. Ingatlah, sesuatu yang sempurna sebenarnya diawali dengan yang  tidak sempurna. Jadi, ayo bergerak dan lakukan sekarang apa yang selama ini hanya sebatas rencana dan mimpi. Apakah kamu berencana untuk ke luar kota? Ikut camping?  Melayani di lingkungan? Terlibat dalam kegiatan sosial? Memberikan hadiah bagi orang tua?

Jangan menunggu hari baik. Jangan menunda. Jangan malas. Jangan banyak membuat alasan. Kalau bisa dimulai hari ini, kenapa harus menunggu besok?

  • Setiap hari adalah lembaran yang baru.

Kabar baik yang harus kamu ketahui :Hari ini adalah lembaran baru! Kesempatan baru! Keajaiban baru! Kekuatan baru! Itu artinya setiap hari kamu mendapat semangat yang baru dari Tuhan! Jangan biarkan kegagalan dan kesedihan kemarin membuat kamu terpuruk hari ini. Jika jatuh, harus bangun lagi karena hari ini diri kamu tidak sama dengan kemarin! Bukankah sudah dikatakan bahwa tidak ada kegagalan, yang ada adalah pembelajaran! Jadi, nikmatilah anugerah “hari baru” ini seperti menikmati segelas minuman hangat di pagi hari!

Ketika menulis artikel ini, saya   sangat optimis dan percaya bahwa kamu akan menikmati hari-hari di tahun ini dengan hal-hal besar yang luar biasa! Jadi mulailah bergerak dan isilah hari ini dengan semua yang terbaik yang dapat kamu lakukan!

“A pessimist sees the difficulty in every opportunity;

But an optimist sees the opportunity in every difficulty.”

― Winston S. Churchill

 *)Penulis adalah pemerhati kaum muda, anggota GBI Kalvari Jakarta

Editor: Yulita Evelin Datu

About the author

admin

Leave a Comment